RSS

Dinkes Sulut Diminta Waspadai Ebola

13 Agu

Ebola-story

Semakin banyak korban jiwa akibat penyakit virus ebola, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Kesehatan kembali menyerukan kewaspadaan terhadap penyakit ini.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sulut, dr Grace Punuh MKes kepada METRO Senin (11/08) di ruang kerjanya.
“Ada surat edaran terbaru dari kementrian, guna menindaklanjuti surat edaran sebelumnya tentang kewaspadaan terhadap suspek kasus penyakit virus ebola, kini kami (Dinkes Sulut) diminta waspada terhadap penyakit tersebut,” ujarnya.
Data WHO sampai dengan 30 Juli 2014 terdapat 1.440 kasus dengan 826 kematian akibat Ebola Virus Disease (EVD).
Dalam surat edaran nomor IR.01.04/II.1/2109/2014 tentang kewaspadaan terhadap penyakit virus ebola yang dikeluarkan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan tertanggal 5 Agustus 2014, Dinkes Sulut diminta memberikan penyuluh kepada masyarakat, pengamatan ketat dan respon dini terhadap kemungkinan suspek penyakit virus tersebut dimasyarakat.
“Masyarakat pun tak perlu ragu mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan bila ada keluarga atau tetangga yang sakit dengan gejala demam viral serta tentunya diketahui mempunyai riwayat pernah melakukan perjalanan ke wilayah yang terjangkit virus Ebola,”jelas Punuh.
images
Punuh mengharapkan pihak kantor kesehatan pelabuhan darat/laut agar melakukan koordinasi jika diketahui ada penumpang sakit sebelum masuk ke Sulawesi Utara.
Punuh menandaskan bahwa gejala seseorang yang terjangkit virus ini adalah demam mendadak, lemah, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan serta diikuti muntah, diare, ruam, gangguan fungsi ginjal dan hati.
Namun, Punuh menegaskan bahwa virus ini tidak ditularkan melalui udara, makanan atau air yang terkontaminasi.
“Virus ini bukan seperti flu yang menular lewat udara, juga tidak menular melalui makanan dan air, tapi melalui kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh,”tegasnya.
Untuk itu, Punuh menghimbau agar masyarakat menjaga kesehatannya dengan melaksanakan perilaku hidup bersih sehat salah satunya mencuci tangan pakai sabun serta mengkonsumsi makanan yang diolah secara baik.(

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 13, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: