RSS

48 Desa Sulut Menuju Kemandirian Pangan

12 Agu

Sandra MoniagaSejak disiapkan menjadi Desa Mandiri Pangan mulai tahun 2006 hingga 2010, kini 48 desa se Sulawesi Utara masuk tahapan Gerakan Kemandirian Pangan.
Hal ini disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan Sulut, Ir Sandra Moniaga MSi kepada METRO Senin (11/08) di ruang kerjanya.
“Saat ini ada puluhan desa di 12 kabupaten/kota yang masuk Desa Mandiri Pangan dalam tahapan Gerakkan Kemandirian Pangan,”ujarnya.
Menurut Moniaga, desa-desa tersebut pada awalnya diberikan pendampingan serta difasilitasi dana Bansos sebesar Rp 100 juta.
Desa Mandiri Pangan adalah desa yang masyarakatnya mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi melalui pengembangan subsistem ketersediaan, subsistem distribusi, dan subsistem konsumsi dengan memanfaatkan sumberdaya setempat secara berkelanjutan.
Program nasional yang kini ditiadakan sejak tahun lalu, ditandaskan alumunus terbaik Fakultas Pertanian Unsrat ini, memiliki sasaran ketahanan pangan dan gizi tingkat desa.
Untuk itu, sosok yang kabarnya segera menduduki pos baru sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara mengharapkan pemerintah kabupaten/kota turut memantau serta melakukan pembinaan dan pengawasan agar program tersebut tak berjalan sia-sia.
“Program sudah berjalan, dana pun sudah dikucurkan tanpa perhatian dari pemerintah kabupaten/kota tentunya akan sia-sia,”pungkas Moniaga.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 12, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: