RSS

Penyuluh Pertanian Jadi Sorotan FGD

02 Jun

Kepala Biro Ekonomi, Lynda Watania

Kepala Biro Ekonomi, Lynda Watania

Keberadaan penyuluh pertanian yang mendampingi petani dalam meningkatkan produktivitas menjadi sorotan saat Focus Group Discition (FGD) beberapa waktu lalu.
FGD yang membahas peningkatkan Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura berbasis Agribisnis, mempertimbangkan peran dari penyuluh pertanian di kabupaten/kota.
Salah satunya dikaitkan dengan penyaluran pupuk bersubsidi, peran penyuluh cukup penting dalam membantu petani menyusun RDKK yang dipergunakan untuk mendapatkan fasilitas pendukung peningkatan produktivitas.
FGD yang dipimpin Kepala Biro Ekonomi, Lynda Watania meminta penyuluh harus lebih proaktif sehingga target di bidang pertanian dapat tercapai.
Ditambahkan Wantania dalam FGD, kabupaten/kota juga mengeluhkan kebijakan yang membuat penyuluh dialihtugas dari fungsional menjadi struktural.
“Karena pentingnya peran penyuluh pertanian, kerja mereka jangan ditarik menjadi struktural,”tegas Watania.
Sempat dibahas dalam FGD untuk mengembalikan posisi penyuluh yang sudah dialihtugaskan, dan Watania menanggapi hal tersebut serta berujar akan melakukan koordinasi dengan BKD Sulut untuk tindaklanjutnya.
Sementara itu Grace Londok dari Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sulut mengakui bahwa jumlah penyuluh yang ada baik dipropinsi maupun kabupaten/kota sangat sedikit jika dibandingkan jumlah desa se-Sulawesi Utara.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 2, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: