RSS

Dinas Kesehatan Diminta Seriusi Penyakit Menular

23 Mei

Sarundajang saat membuka Rakerkes didampingi Kadis Kesehatan Sulut

Sarundajang saat membuka Rakerkes didampingi Kadis Kesehatan Sulut

Gubernur Sulawesi Utara, DR Sinyo H Sarundajang menegaskan agar jajaran Dinas Kesehatan mengantisipasi masalah penyakit menular.
Penegasan tersebut disampaikan Sarundajang saat membuka rapat kerja kesehatan (Rakerkes) tahun 2014 di salah satu hotel berbintang di Kota Manado Selasa (20/05) malam.
Bahkan Sarundajang yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Sulut, dr Lisye Grace Punuh MKes mengatakan bahwa peran Puskesmas untuk lebih ditingkatkan terutama dalam mendeteksi setiap penyakit menular yang ada di wilayah kerjanya, seperti penyakit hepatitis B, malaria, deman berdarah, TBC dan rabies.
“Sudah menjadi tugas utama bagi dokter di puskesmas untuk melakukan survei sekaligus pendataan di setiap wilayah kerjanya, karena mereka merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat”, tandasnya.
Selain itu sistem rujukan pun menjadi perhatian orang nomor satu di Sulut ini sembari mengingatkan agar pelayanan dasar tingkat pertama yaitu di puskesmas jangan lemah dan melepas tanggung jawab dengan melakukan langkah merujuk ke RS.
Sementara itu Punuh menjelaskan bahwa rakerkes ini bertujuan menindaklanjuti hasil rekomendasi Rakerkes tahun lalu dan hasil Rakerkesnas tahun 2014, yang di dalamnya mencakup permasalahan lokal spesifik sulut yaitu upaya akselerasi pencapaian Goal MDGs terutama MDG 5 yakni peningkatan kesehatan ibu, pelaksanaan Jamkesmas di Sulut, serta meningkatkan koordinasi dan sinergitas antara provinsi dengsn kabupaten/kota.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 23, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: