RSS

Sulut Kekurangan Tenaga Mediator

14 Mei

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut, Ch E Talumepa menegaskan saat ini tenaga mediator hanya 18 orang dan berada di 5 kabupaten/kota.
“Di Sulut hanya ada belasan mediator yang tersebar di 5 kabupaten/kota,” tegasnya kepada METRO belum lama ini. Bahkan untuk skala nasional pun jumlah petugas mediator hubungan industrial di Indonesia masih tergolong minim. Menurut data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, saat ini hanya tercatat 861 orang mediator hubungan industrial untuk menangani 224.383 perusahaan. Padahal idealnya, dibutuhkan minimal 2.373 orang Mediator, sehingga secara keseluruhan masih terdapat kekurangan Mediator sebanyak 1.512 orang Mediator.
Menyikapi hal ini Pemerintah Propinsi Sulut dalam waktu dekat akan memfasilitasi kesiapan tenaga mediator dengan melaksanakan diklat.
“Pekan depan ada 20 peserta yang akan dibina sebagai calon mediator,”ujar Chery Suak selaku Kepala Bidang HIP Disnakertrans Sulut kepada harian ini Selasa (13/05) kemarin.
Sementara itu seperti dilansir METRO dari situs kementrian, Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kemnakertrans R. Irianto Simbolon mengatakan Mediator Hubungan Industrial di tingkat pusat dan daerah memliki peranan yang strategis dan menentukan untuk mempercepat penyelesaian perselisihan hubungan industrial dan mengantisipasi terjadi demo pekerja/buruh di tingkat perusahaan
“Tugas dan fungsi kerja mediator hubungan industrial sebagai ujung tombang dalam suatu mekanisme mediasi penyelesaian perselisihan hubungan industrial . Mediator menjadi fasilitator yang mempertemukan kepentingan pekerja/buruh dengan pengusaha, “kata Simbolon.
Atas kepedulian pemerintah propinsi akan pentingnya tugas dan peran mediator dengan menambah jumlahnya, pemerintah pusat memberikan apresiasi setinggi-tingginya.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 14, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: