RSS

Semua Masyarakat Berhak Terima Layanan Sama

11 Mei

Pemerintah Sulawesi Utara tetap berkomitmen agar semua lapisan masyarakat berhak menerima layanan yang sama di bidang kesehatan dan pendidikan.
Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sulut, DR Djouhari Kansil MPd saat memberikan arahan pada Lokakarya Diseminasi Praktik Cerdas untuk Percepatan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) di salah satu hotel ternama di Kota Manado Kamis (08/05).
Kansil yang didampingi Kepala Bappeda Sulut, Ir Roy O Roring MSi dan Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Utara, dr Grace Punuh MKes berharap melalui praktik cerdas yang dipelopori oleh Basics, propinisi ini mendapat pengakuan serta penghargaan dalam pencapaian MDG’s.
Sementara itu, Direktur Project Basics – CIDA, William Duggan memberi apresiasi yang positif kepada Pemerintah Sulawesi Utara atas upaya keras yang dilakukan dalam perbaikan kualitas hidup manusia yang dianggapnya memang pantas dan harus dilakukan karena menjadi tanggung jawab daerah.
Duggan yang fasih berbahasa Indonesia pun menjelaskan tentang keberadaan Basics serta praktik cerdas.
BASICS adalah program pengembangan kapasitas yang berfokus pada peningkatan layanan dasar bidang pendidikan dan kesehatan dalam rangka pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs). BASICS merupakan inisiatif kerjasama antara Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia dan Canadian International Development Agency (CIDA)
Project BASICS sendiri yang dirangkum harian ini adalah Pemerintah Kabupaten/Kota dan DPRD mengembangkan dan melaksanakan perencanaan dan penganggaran  menuju penyediaan layanan kesehatan dan pendidikan berbasis SPM/MDGs dan responsif gender, berpihak pada kaum miskin, dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
Selanjutnya, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi Sulut meningkatkan dukungan dan pengawasan kepada Pemerintah kabupaten/kota dalam proses perencanaan dan penganggaran untuk penyediaan layanan dasar berbasis SPM/MDGs.
Project ini mengharapkan Organisasi Masyarakat Sipil, termasuk kelompok perempuan, memberikan masukan pada proses perencanaan dan penganggaran yang dilakukan pemerintah daerah untuk memastikan tersedianya layanan dasar kesehatan dan pendidikan yang berbasis SPM/MDGs serta memberikan bantuan teknis kepada pemerintah daerah dalam pelaksanaan penyediaan pelayanan dasar tersebut.
Untuk di Sulut wilayah kerja Basics adalah  Kota Bitung,  Kabupaten Minahasa,  Kabupaten Minahasa Utara,  Kabupaten Kepulauan Sangihe dan  Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro).
Hal unik dari Basics adalah enggunakan pendekatan yang praktis dan bertahap dalam pemberian bantuan teknis, termasuk pelatihan, asistensi, belajar-sambil bekerja, pengujicobaan, dan diseminasi praktik cerdas untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, prosedur dan sistem.
Turut hadir dalam lokakarya tersebut pemerintah Propinsi Sulawesi Tenggara dan Direktur Urusan Pemerintahan Daerah 1, Direktorat Jendral Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri,Dr Kurniasih, SH MSi serta perwakilan Perwakilan CIDA Jakarta, Jeffrey Ong.(harianmetromanado)

wagub saat memberikan arahan

 

Wakil Gubernur Sulawesi Utara, DR Djouhari Kansil MPd Kamis (08/05) kemarin menerima 9 modul dari Direktur Urusan Pemerintahan Daerah I, Direktorat Jendral Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri,Dr Kurniasih, SH MSi di salah satu hotel berbintang di Kota Manado dalam rangkaian  Lokakarya Diseminasi Praktik Cerdas untuk Percepatan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Wakil Gubernur Sulawesi Utara, DR Djouhari Kansil MPd Kamis (08/05) kemarin menerima 9 modul dari Direktur Urusan Pemerintahan Daerah I, Direktorat Jendral Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri,Dr Kurniasih, SH MSi di salah satu hotel berbintang di Kota Manado dalam rangkaian Lokakarya Diseminasi Praktik Cerdas untuk Percepatan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal (SPM)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 11, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: