RSS

PT SKJ Dinilai Lecehkan Pemprop Sulut

24 Apr

Perusahaan bergerak dibidang jasa PT SKJ dinilai telah melecehkan Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara, dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Pasalnya perusahaan tersebut tidak mengindahkan panggilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang ditandatangani Kepala Dinas dan tembusan kepada Gubernur, Wakil Gubernur serta Sekretaris Propinsi Sulut untuk melakukan penyelesaian masalah hubungan industrial.
Berdasarkan aturan undang-undang RI nomor 2 tahun 2004 bahwa jika tidak mengindahkan panggilan untuk memberikan keterangan maka sanksi hukum berupa kurungan penjara dan denda puluhan juta rupiah menanti pihak tersebut.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut, Ch E Talumepa SH MS saat dikonfirmasi mengatakan bahwa prosedur sudah dilakukan maka aturan harus ditegakkan.
“Aturan harus ditegakkan,”tegas Talumepa kepada METRO Selasa (22/04) kemarin.
Informasi yang dirangkum melalui mediator Disnakertrans Sulut, PT SKJ telah dikirimkan sampai 3 kali panggilan namun hingga panggilan ketiga tak pernah sekalipun mengindahkannya.
Sementara itu, Koordinator Wilaah Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Sulawesi Utara, Jack andalangi mengatakan bahwa perusahaan yang beralamatkan di Pasar 45 Manado tersebut juga telah melanggar aturan ketenagakerjaan lainnya seperti pemberlakuan UMP dan pemberian THR.
“Sangat memiriskan karena perusahaan tersebut sering menang tender dari Pemerintah Propinsi Sulut, namun aturan ketenagakerjaan yang terus ditegakkan Gubernur Sulut, DR Sinyo H Sarundajang selalu dilanggar yaitu penerapan Upah Minimum Propinsi (UMP), bahkan data yang kami pegang, perusahaan tersebut hingga kini hanya memberikan tunjangan hari raya (THR) sebesara Rp 300.000 sampai Rp 500.000 saja,”jelas Andalangi yang mengaku siap mengawal proses hukum demi tegaknya aturan ketenagakerjaan di Sulawesi Utara.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 24, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: