RSS

10 Propinsi Bahas Masalah Kesehatan di Sulut

21 Mar

– Kepala Dinas Kesehatan Sulut, dr Grace Punuh MKes mengatakan mulai tanggal 23 Maret sampai 26 Maret akan digelar rapat kerja kesehatan regional timur.
Punuh menegaskan kepada METRO Rabu (19/3/2014),  bahwa dalam kegiatan yang akan di buka oleh Menkes RI, Dr Nafsiah Mboi dan dihadiri oleh sekitar 17 orang pejabat esselon I dari Kemenkes tersebut, diikuti Dinas Kesehatan dari  10 propinsi se Sulawesi, Papua dan Maluku, Kab/Kota serta Unit Pelayanan Teknis (UPT) vertikal pusat.
Informasi yang dirangkum harian ini menyebutkab bahwa tahun ini Rakerkesnas mengusung tema “Pemantapan Pembangunan Kesehatan Menuju Masyarakat Sehat Mandiri dan Berperikeadilan”.
Pertemuan ini bertujuan meningkatkan koordinasi dan sinergisme antara Pusat dan Daerah dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan kesehatan tahun 2014, guna mewujudkan masyarakat yang sehat  dan berkeadilan. Selain itu, pertemuan ini juga untuk mengidentifikasi masalah di daerah terkait pelaksanaan pembangunan kesehatan, terutama percepatan pembangunan MDGs di bidang kesehatan dan Penerapan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Dalam setiap rapat komisi dalam Rakerkesnas akan dilakukan diskusi dan berbagi pengalaman serta informasi antar peserta, sehingga dapat dirumuskan kesepakatan pelaksanaan upaya percepatan pencapaian MDG bidang kesehatan peningkatan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) serta rancangan RPJMN 2015 – 2019 yang ditindaklanjuti para peserta dengan melakukan identifikasi masalah dan bottle neck yang terjadi. Dari sini kemudian melakukan pemecahan masalah dan the bottle necking menggunakan intervensi yang telah terbukti berhasil menggunakan sumber daya yang diutamakan berasal dari daerah masing masing melalui optimalisasi dan sinkornisasi kegiatan.
Pada akhir acara nanti, diharapkan akan terbentuk rumusan rekomendasi kebijakan perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan kesehatan, peningkatan peranan Propinsi dalam pembangunan kesehatan, terwujudnya kesepakatan dan pemahaman tentang penyelenggaraan prioritas pebangunan nasional di bidang kesehatan.
Lebih lanjut Punuh menandaskan bahwa dalam rangkaian kunjungan Menkes RI, juga akan ada peresmian proyek di poltekes dan RSUP Prof Kandou jadi rsup dari tipe B jadi tipe A.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 21, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: