RSS

Distanak Sulut Diminta Waspadai AI

20 Feb

Walaupun belum ada kasus yang mencuat akibat flu burung akhir-akhir ini di Sulawesi Utara, namum pemerintah melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian telah menyuarakan agar Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) meningkatkan kewaspadaan terhadap Avian Influenza (AI) pada musim hujan.
Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI pun seperti dikutip harian ini dari situs resminya mengatakan faktor yang menyebabkan terjadinya wabah AI yakni perubahan iklim secara ekstrim. Hal itu menyebabkan stres dan menurunnya daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh unggas, sehingga memicu munculnya berbagai penyakit menular termasuk AI.
Faktor lain adalah masih banyaknya peternakan ayam ras dan itik komersial skala kecil khususnya di wilayah risiko tinggi yang masih belum menerapkan tindakan biosekuriti hemat praktis dan vaksinasi yang tepat. Satu faktor lain yang ditegaskan adalah para peternak unggas komersial skala kecil masih menjual unggas sakit/diduga sakit ke pedagang/pengumpul unggas sehingga menyebar secara cepat melalui rantai pemasaran unggas.
Bahkan Pemerintah targetkan Indonesia bebas AI pada tahun 2020, dimana untuk pulau Sulawesi target pencapaian status bebas tersebut diharapkan tercapai di tahun 2016 – 2017.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 20, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: