RSS

Talumepa: Tak Semua Pemberi Kerja dapat Pekerjakan TKA

14 Feb
Kepala Disnakertrans Sulut, Christiano Talumepa SH MSi

Kepala Disnakertrans Sulut, Christiano Talumepa SH MSi

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut, Christiano Edwin Talumepa SH MSi menegaskan pemberi kerja tak semuanya dapat memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA).
“Permenakertrans No.12 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing menyebut pemberi kerja berbentuk persekutuan perdata, firma (Fa),persekutuan komanditer (CV) dan usaha dagang (UD) dilarang mempekerjakan TKA kecuali diatur dalam UU,”tegasnya kepada METRO Rabu (12/01) kemarin diruang kerjanya.
Bahkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar bahwa Pengunaan tenaga kerja asing harus melalui prosedur yang benar dan sesuai dengan perizinan ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.
Menurut Talumepa aturan pengguna TKA harus berbadan hukum.
Disisi lain Talumepa menjelaskan bahwa Permenakertrans No.12 Tahun 2013 merupakan aturan baru penggunaan tenaga kerja asing, sekaligus menyempurnakan regulasi sebelumnya yaitu Permenakertrans No.2 Tahun 2008.
“Ini adalah aturan baru yang dibuat untuk menertibkan penggunaan TKA di Indonesia termasuk di Sulawesi Utara dan menyempurnakan regulasi sebelumnya yaitu Permenakertrans No.2 Tahun 2008,”jelasnya.
Lebih lanjut Talumepa mengatakan bahwa TKA yang dipergunakan harus mempunyai kompetensi kerja.
“Mengacu amanat UU Ketenagakerjaan, setiap pekerja, terutama TKA harus punya kompetensi kerja, yang harus dibuktikan dengan sertifikat atau paling tidak TKA harus berpengalaman kerja minimal lima tahun pada jabatan yang akan diduduki,”pungkas Talumepa.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 14, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: