RSS

BPAD Sulut Dinilai tak Tanggap Bencana

14 Feb

anri periksa berkasPernyataan mengejutkan dilontarkan Tim dari Asrip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengenai kesiapsiagaan BPAD Sulut pada bencana alam.
Pasalnya dari beberapa SKPD Propinsi Sulut yang terkena bencana Januari lalu tak mendapat pemberitahuan jika arsip terkena banjir dan lumpur untuk tidak dibuang karena dapat dilakukan langkah penyelamatan.
“Yah kalau pasca banjir sudah mendapat pemberitahuan, maka saat bersih-bersih kami akan mengupayakan arsip disendirikan, kalau sekarang so terlanjur dibuang karena sudah tak berbentuk lagi,”tandas Joi Oroh selaku Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sulut kepada tim ANRI Rabu (12/02) kemarin.
Hal yang sama diutarakan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Sulut, Max Oroh.
“Torang nda tau kalau ada cara menyelamatkan arsip yang sudah berselimutkan pece (lumpur, red),”ujar Oroh.
Sementara itu, Hilman Rosmana selaku Kepala Sub Direktorat Kearsipan Daerah  Wilayah Timur ANRI mengakui setelah mengetahui ada bencana pihaknya langsung menghubungi Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Sulut untuk segera membuat posko penyelamatan arsip.
“Kurang tanggap aja, kalau secepat mungkin diberitahukan maka walaupun tak 100 persen seperti aslinya, arsip itu kami coba selamatkan,”tandasnya.
Menurut Hilman Rosmana, pihaknya Kamis (13/02) akan melakukan demo penyelamatan arsip yang terendam air bahkan lumpur dengan mengundang sejumlah SKPD dilingkup Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara.
“Berbekal pengalaman mengembalikan keutuhan arsip di NAD yang terkena tsunami beberapa tahun lalu, dengan metode sederhana kami akan mempraktekkannya bagi Sulut,”pungkas Hilman Rosmana.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 14, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: