RSS

Dinkes Sulut Antisipasi Penyakit Pasca Banjir

16 Jan

IMG01170-20140115-1041Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut, dr Grace Punuh MKes telah menyiagakan personilnya guna mengantisipasi penyakit pasca banjir.
“Kami telah menyiagakan personil serta berkoordinir dengan tenaga kesehatan di puskesmas dan rumah sakit guna mengantisipasi terhadap beberapa penyakit yang kerap muncul di saat banjir,”ujarnya kepada METRO Rabu (15/01).
Bahkan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama SpP(K) MARS DTM&H DTCE seperti dirangkum harian ini menyebutkan ada 7 penyakit yang umumnya dialami korban banjir diantaranya diare, demam berdarah Leptospirosis, dan Infeksi Saluran pernapasan akut.
Punuh menegaskan bahwa penyakit tersebut dapat dicegah dengan cara sederhana, yaitu dengan berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
“Untuk itu masyarakat yang terpaksa mengungsi diimbau agar menjaga kebersihan lokasi pengungsian, baik dari sisi pengolahan sampah, pengolahan limbah cair dan BAB serta BAK di tempat yang sudah disediakan,”tegas Punuh.

IMG01169-20140115-0951
Ditambahkan Tjandra Yoga bahwa ketika banjir air menjadi kotor dan keruh, serta tak jarang berlumpur, sehingga masing-masing individu diminta untuk menggunakan sepatu boot dan pelindung tangan. Ini dilakukan agar kulit tangan dan kaki sedikit kemungkinannya untuk kontak dengan kotoran.
Lebih lanjut Punuh yang tengah dirundung duka karena salah satu korban longsor merupakan sanak saudaranya mengatakan di Dinkes Sulut telah didirikan posko khusus.
“Di Dinkes Sulut ada posko logistik kesehatan yang siap 1X24 jam mulai hari ini 14 Januari (kemarin, red),”ujarnya.
Menurut Punuh, pihaknya siap membackup semua posko kesehatan yang ada dan tersebar di titik-titik banjir di Kota Manado.
“Kami siap membackup, dimana posko kami diperlengkapi logistik berupa obat-obatan, makanan pengganti ASI,”pungkasnya.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 16, 2014 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: