RSS

DKP Sulut Terapkan ZWP

24 Okt

Dalam rangka implementasi Blue Economy, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut menerapkan Zero Waste Product (ZWP) pada pengolahan hasil perikanan.
“Sesuai dengan prinsip blue economy yaitu penggunaan bahan baku dari alam dalam hal ini hasil kelautan dan perikanan secara efisien maka sudah harus diterapkan zero waste product atau tidak menyisahkan limbah pada pengolahannya,” jelas Ir Danie R Rawis MSc selaku Sekretaris DKP Sulut kepada METRO di ruang kerjanya, Rabu (23/10).
Rawis menjelaskan dalam industri tuna, tongkol dan cakalang (TTC) banyak yang menjadi terbuang seperti kepala, tulang, insang dan limbah cair. “Pengolahan TTC itu banyak bahan dari produk yang menjadi limbah, dan hal itu yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai produk olahan lain seperti tepung ikan, minyak ikan, kolagen, gelatin, silase, fish jelly product dan fish protein concentrate,” jelasnya.
Dengan berkembangnya industri pengolahan dari sisa industri TTC, nantinya konsep blue economy dapat terlihat.
“Penciptaan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dihasilkan dari industri pengolahan limbah TTC dan itulah yang menjadi inti dari konsep blue economy,”pungkasnya.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 24, 2013 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: