RSS

Penyuluh Diminta Bantu Petani Atasi Hama Tanaman

23 Okt

Kepala Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sulut, Ir Jeffry Senduk menegaskan bahwa penyuluh tak kendor untuk memberikan infomasi iklim yang mempengaruhi perkembangan hama tanaman.
“Seperti kasus yang terjadi di Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan, bila peran penyuluh dilapangan optimal maka tidak akan ada keluhan petani mengalami gagal panen yang disebabkan serangan hama,”tegasnya kepada METRO Selasa (23/10) diruang kerjanya.
Senduk menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu penyuluh dilibatkan dalam bimtek tentang iklim terhadap pertanian, sudah semestinya bekal tersebut dapat dimanfaatkan saat turun ke lapangan.
“Mereka (penyuluh, red) sudah pernah dibekali mengenai iklim yang mempengaruhi dibidang pertanian, salah satu materinya adalah perkembangan hama, itu yang seharusnya memperkuat dalam melakukan penyuluhan,”jelasnya.
Terkait serangan hama ulat grayak (Spodoptera sp.) di Minsel, pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut sendiri telah mengakui iklim signifikan mempengaruhi.
Informasi yang dirangkum harian ini, kegagalan panen banyak terjadi saat pertumbuhan padi mencapai fase pertumbuhan generatif dimana pada saat tersebut pertanaman sudah kering karena tidak lagi perlu penggenangan. Salah satu hama yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah hama ulat grayak. Kekeringan adalah salah satu faktor pemicu berkembangnya hama ulat grayak. Sehingga daerah pertanaman padi yang sering mengalami kekeringan seperti didaerah dengan pola pengairan tadah hujan merupakan area pertanaman yang peka terhadap serangan hama ini.
Karakteristik ulat grayak.
Hama ulat grayak merupakan hama yang potensial merusak pertanaman padi. Ada dua jenis ulat grayak yang biasa menyerang pertanaman padi yaitu Spodoptera exempta dan Spodoptera mauritia. Hama ini menyerang tanaman padi mulai dari tepi daun hingga menyisakan tangkai daunnya saja dan pada fase generatif dapat memotong tangkai malai.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 23, 2013 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: