RSS

Pemprop Matangkan Pencalonan Pahlawan Nasional HV Worang

21 Okt

HV_WorangPemerintah Propinsi (Pemprop)Sulut melalui Dinas Sosial semakin mematangkan pencalonan Mayjen TNI Purnawirawan Hein Victor (HV) Worang sebagai pahlawan nasional.

Hal ini dibuktikan dengan digelarnya diskusi yang dihadiri sejumlah veteran dan tim pengkaji penilai gelar daerah, sejarahwan serta keluarga HV Worang di salah satu hotel di Kota Manado, Sabtu (19/10).
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Edwin Silangen yang turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut mengatakan, keberadaan tokoh pejuang adalah elemen penting bagi bangsa, seperti merebut dan mempertahankan negara kesatuan RI.
“HV Worang merupakan satu dari tokoh dan merupakan putra terbaik Sulut dalam memperkuat elemen bangsa mempertahankan bangsa, serta tokoh pembangunan daerah Sulawesi Utara sebagai Gubernur,” ujar Silangen.
Silangen mengharapkan melalui kegiatan tersebut kepahlawanan HV Worang yang menjadi panutan bagi generasi muda Sulut dapat saling melengkapi agar diusulkan sebagai Pahlawan Nasional.
“Hasil diskusi akan diserahkan ke pemerintah Republik Indonesia untuk ditindaklanjuti dengan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional. Diharapkan dapat terwujud di tahun emas Propinsi Sulawesi Utara tahun 2014,”tegas Silangen yang didampingi Kepala Dinas Sosial Sulut, Asiano G Kawatu SE MS.
Sementara itu, istri HV Worang, Ny Henny Worang Tompunu sangat girang dan antusias serta memberikan apresiasi atas perhatian pemerintah pada jasa-jasa suami tercintanya pada bangsa dan negara termasuk pembangunan daerah nyiur melambai. “Terima kasih atas perhatiannya terutama saat HUT Propinsi Sulut belum lama ini, tercetuslah nama suami saya sebagai calon pahlawan nasional oleh Gubernur Sulawesi Utara, DR Sinyo Sarundajang,”ujarnya.
Sekedar informasi, HV Worang lahir di Tontalete pada 12 Maret 1919, dan merupakan putera Minahasa pertama yang menjadi Jenderal TNI AD bintang satu dan bintang dua, yang diperolehnya pada Januari 1965 dan July 1971.forum group discussion
Pada tanggal 2 Maret 1967 Mayjen Hein Victor Worang dilantik menjadi Gubernur Sulawesi Utara berdasarkan SK Presiden No. UP 6/1/28-212 bertanggal 23 Februari 1972. Jabatan Gubernur Sulut ini dijalankannya hingga 21 Juni 1978. HV Worang meninggal dunia pada 1982 dalam usia 63 tahun.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 21, 2013 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: