RSS

‘Gempa’ 7.8 SR Goncang Minut, 350 Jiwa jadi Korban

01 Okt

118 Rumah rusak, 435 orang terpaksa mengungsi
Korban bencana alam dievakuasi petugas, kemarin

Gempa dahsyat berkekuatan 7.8 SR yang berpotensi tsunami menggoncang Kabupaten Minahasa Utara tepatnya di Desa Darunu, Desa Bulo dan Desa Ponto Kecamatan Wori, Senin(30/09) kemarin.
Akibatnya ratusan rumah rusak dan warga terpaksa diungsikan, sementara itu total korban dilaporkan mencapai 350 jiwa.
Namun dengan cekatan, tim Taruna Tanggap Bencana (Tagana) yang dipimpin langsung Kepala Dinas Sosial Propinsi Sulawesi Utara, Asiano Gamy Kawatu SE MS langsung bertindak dengan dibantu warga melaksanakan penanganan pasca bencana.
Dengan bantuan masyarakat yang siaga bencana, berhasil didirikan dapur umum dan tempat penanganan medis bantuan Kementrian Sosial RI.
Pantauan harian ini, nampak seorang ibu yang akan melahirkan menjadi salah satu korban.
Hal tersebut dipaparkan Kawatu merupakan simulasi tanggap bencana yang dilakukan pihaknya melalui program Pengembangan Kampung Siaga Bencana selama 3 hari di Desa Darunu Kecamatan Wori.
“Ini adalah simulasi, dan saya sangat berterima kasih atas partisipasi masyarakat dan Tagana yang telah melaksanakan prosedur pasca bencana dengan baik, memang kita semua tak ingin kejadian tersebut menimpa, tetapi melalui simulasi ini, kesiapsiagaan dapat tercipta bilamana kejadian tersebut terjadi,”jelas Kawatu.
Sementara itu Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial, Achsin mengatakan bahwa pelaksanaan tersebut merupakan kelanjutan program setelah terbentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) beberapa waktu lalu.
Pihak keluarga Femmy Kaligis yang diwakili
“Setelah dibentuk beberapa waktu lalu, KSB yang ada semakin dimatangkan sehingga masyarakat tanggap menghadapi bencana alam, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang (UU) No 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan UU Nomor 17 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana,”tandasnya sembari mengatakan bahwa posisi desa yang dibentuk KSB karena daerah tersebut masuk kategori rawan bencana.
Turut hadir pada simulasi tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minut, Ir Ronny Siwi.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 1, 2013 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: