RSS

Disbun Pamerkan Proses Pembuatan Etanol

27 Sep

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Sulut, Ir Jenny Karouw MSi menegaskan salah satu materi yang disajikan dalam pameran pembangunan adalah bagaimana proses pembuatan etanol dengan kemurnian mencapai 96 persen.
“Salah satu pengolahan dari produk perkebunan yang turut menjadi andalan adalah pembuatan etanol atau etil alkohol, alkohol murni. Di stand Dinas Perkebunan kami menampilkan prosesnya, yaitu fermentasi, destilasi, dan dehidrasi,” paparnya kepada METRO Kamis (26/09) di ruang kerjanya.
Menurut Karouw, etanol merupakan salah satu bentuk energi terbaharui yang dapat diproduksi dari tumbuhan. “Bahan baku pembuatan etanol sangat melimpah di Sulawesi Utara seperti Nira, bahkan dapat memanfaatkan limbah dari produk perkebunan kelapa yaitu sabut kelapa,”jelasnya.
Karouw menandaskan bahwa dengan semakin berkembangnya teknologi serta permintaan pasar akan etanol, dapat mengalihkan cara pandang masyarakat bahwa pengolahan produk nira aren hanya untuk menjadi minuman keras.
“Salah satu langkah untuk membantu pemerintah dan pihak kepolisian yaitu stop jo ba gate adalah lebih memfokuskan pada pembuatan etanol yang tentunya lebih bermanfaat karena menjadi energi terbaharui pengganti bahan bakar minyak,” tandasnya.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 27, 2013 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: