RSS

Koperasi Sulut Dibidik Masuk Jajaran Koperasi Dunia

17 Sep

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulut, Drs Maurits Berhandus SH MSi menegaskan saat ini pihak Kementerian Koperasi dan UKM tengah melakukan pemetaan kekuatan koperasi-koperasi skala besar di Indonesia termasuk di Sulawesi Utara.
“Koperasi-koperasi di Sulut kini tengah dibidik melalui pemetaan untuk dinominasikan masuk daftar 3.000 besar dunia,” ujar Berhandus kepada METRO Senin (16/09) di ruang kerjanya.
Dijelaskan Berhandus, tekad pemerintah Republik Indonesia adalah membuktikan koperasi di negara ini juga mempunyai kapasitas sama dengan ribuan koperasi di dunia yang tercatat di Internasional Cooperative Allianze (ICA) atau organisasi koperasi internasional.
Informasi yang dirangkum harian ini sosialisasi dilaksanakan di provinsi yang mempunyai koperasi dengan standar nasional. Yakni, jumlah aset sebesar Rp10 miliar setahun, volume usaha senilai Rp50 miliar per tahun, dan anggota minimal 1.000 orang. Saat ini target sosialisasi tercatat sekitar 19 koperasi yang tersebar di Maluku Utara, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, dan Jawa Tengah.
Menurut Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring seperti dilansir dari situs resmi kementrian mengatakan bahwa visi pada program koperasi skala besar masuk agenda kerja Periode 2010-2014. Intinya agar koperasi menjadi sehat dan kuat. Metodanya, menciptakan iklim usaha kondusif, mengembangkan usaha koperasi skala besar, meningkatkan partisipasi masyarakat, meningkatnya jumlah koperasi berkualitas, dan meluasnya cakupan keterkaitan usaha.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 17, 2013 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: