RSS

Wakil Sulut Siap Bersaing di ASC Vietnam

16 Sep

Kepala Disnakertrans Sulut, Christiano Talumepa SH MSi

Kepala Disnakertrans Sulut, Christiano Talumepa SH MSi

Setelah melewati seleksi nasional, utusan Sulawesi Utara dinyatakan layak dan kompeten untuk bersaing di tingkat Asean.
“Peserta Seleknas yang dibawa oleh Disnakertrans Sulut pada tanggal 8-12 sep 2013 di Malang Jawa Timur dalam pertandingan plumbing and headting berhasil mendapat juara 3,” papar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulut, Ch Talumepa SH MSi kepada METRO Sabtu (14/9/2013). Lebih lanjut Talumepa yang di dampingi Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Sulut, Ruddy Merung SE SPd bahwa utusan tersebut langsung digodok untuk tampil di pentas internasional, ASEAN Skill Competition (ASC) .
“Dalam waktu dekat ini mereka akan dipersiapkan masuk pusat latihan lagi di Malang selama 9 bulan untuk bertanding di ASC Vietnam tahun 2014,” tandas Talumepa.
ASC sendiri merupakan event berbagai jenis lomba keterampilan yang diselenggarakan setiap dua tahun dan pesertanya adalah Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.
ASC dimaksudkan untuk mempromosikan dan meningkatkan standar keahlian di kawasan ASEAN dalam kerangka mencapai standar internasional.
Dalam pelaksanaan ASC tahun 2012 lalu Indonesia berhasil memperoleh predikat Juara umum dengan meraih 19 Medali emas, 12 perak, 2 medali perunggu dan 7 medallion for excellence.
Merung menambahkan pihaknya optimis utusan Sulawesi Utara mampu membuktikan tingkat kompetensi calon tenaga kerja muda propinsi ini telah menunjukkan kemampuan terbaik menuju dunia kerja.
“Melalui kegiatan ini secara otomatis dapat meningkatkan posisi tawar tenaga kerja Indonesia khususnya Sulut semakin diperhitungkan,”tambah Merung.
Sementara itu Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menargetkan Indonesia menjadi juara umum ASC 2014. Bahkan secara tegas Menakertrans RI, Muhaimin Iskandar seperti dilansir dari situs resmi Kemenakertrans RI minta kepada jajaran Pembinaan, Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) untuk betul-betul mengawasi pelatihan para utusan Indonesia.
“Kita masih punya waktu satu tahun untuk menggembleng para terpilih ini dan saya minta kepada jajaran Pembinaan, Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnakertrans untuk betul-betul mengawasi pelatihannya sehingga ASC 2014 di Vietnam mendapat juara umum,” tegas Muhaimin.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 16, 2013 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: