RSS

DKP Serukan Waspadai Serangan OPT

12 Sep

Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Sulawesi Utara, Ir Rene P Hosang MSi menegaskan salah satu pokok bahasan dalam Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Sulut adalah mewaspadai serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT). “Faktor serangan Organisme Pengganggu Tanaman juga perlu diwaspadai dan dijadikan bahan pertimbangan dalam upaya penanganan peningkatan ketersediaan pangan,” tegasnya kepada METRO Rabu (11/09).
Ditambahkan Hosang, serangan OPT tersebut turut dipengaruhi curah hujan yang meningkat selama beberapa hari terakhir. “Biasanya musim curah hujan kerapkali muncul hama wereng coklat (WBC) yang bisa mengakibatkan gagal panen karena mereka menyerang pada bagian batang tanaman, OPT lain yang juga diwaspadai adalah serangan hama tikus yang signifikan dapat mengancam stok pangan khusus beras,” jelas Hosang. “Climate change, yang merupakan factor penting dalam proses produksi perlu dicermati. Bahkan sangat diharapkan peran serta kita semua untuk mendukung pelaksanaan pengkajian dan analisa fenomena iklim yang begitu dinamis, guna mencarikan solusi terbaiknya dalam upaya penciptaan kondisi yang kondusif untuk proses produksi pangan bagi pelaku utama di tingkat lapangan,”tandas mantan Kepala Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sulut ini.
Hosang pun mengharapkan adanya peran dari penyuluh dengan mendampingi pelaku utama (petani, red) untuk dapat melakukan langkah antisipasi.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 12, 2013 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: