RSS

Rawis: Ikan Grass Carp Solusi Atasi Eceng Gondok

04 Sep

Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut menegaskan bahwa penanggulangan eceng gondok di Danau Tondano dapat menggunakan predator alami.
“Ikan grass carp solusi atasi eceng gondok, ikan ini merupakan pemakan akar eceng gondok dan sangat tepat jika di lepas di Danau Tondano yang saat ini hampir tertutupi tanaman perusak lingkungan perairan,” ungkap Ir Denie Roy Rawis MSc selaku Sekretaris DKP kepada METRO, diruang kerjanya Selasa (3/9/2013).
Menurut Rawis, ikan Grass Carp atau ikan Koan pemanfaatan predator alami pernah dilakukan di danau Kerinci dan berhasil mengatasi eceng gondok di danau tersebut.
Namun Rawis menandaskan jika hal tersebut disetujui haruslah diperkuat dengan peraturan daerah yang melarang penangkapan ikan bernama latin Ctenopharyngodon idella. “Hanya saja, dengan ditebarnya ikan grass carp di danau Tondano diimbau kepada pemerintah daerah dapat membuat peraturan yang melarang para nelayan untuk tidak melakukan kegiatan menjaring di lokasi ikan jenis tersebut hingga minimal dua bulan. Sehingga, ikan bisa berkembangbiak dengan baik,” pungkasnya.(harianmetro)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 4, 2013 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: