RSS

Talumepa: Naker Sulut Harus Siap Sambut AEC 2015

02 Sep

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara, CH Talumepa SH MSi menegaskan pihaknya terus berupaya mempersiapkan tenaga-tenaga kerja (Naker) yang berkompeten dalam persaingan saat Komunitas Ekonomi Asean (ASEAN Economic Community /AEC) diberlakukan pada tahun 2015.
“Naker Sulut harus siap sambut AEC 2015, untuk itu pihak kami terus melakukan kegiatan seperti bimbingan teknis agar naker dari propinsi ini dapat melengkapi dirinya dengan keterampilan dan kompetensi kerja yang siap pakai,” tegasnya kepada METRO belum lama ini.
Ditandaskan Talumepa hal ini sejalan dengan tujuan dari pemerintah daerah yang selalu dijabarkan Gubernur Sulut, DR Sinyo H Sarundajang yaitu Sulawesi Utara yang berbudaya, berdaya saing, dan sejahtera.
Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi seperti yang dilansir harian ini dari situs resmi kementrian meminta mahasiswa-mahasiswi yang sedang belajar di bangku perguruan tinggi agar benar- benar mempersiapkan diri untuk menghadapi diberlakukannya AEC. Para Mahasiswa maupun lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki bekal berupa hard skills dan soft skills yang memadai sehingga bisa bekerja dengan baik di berbagai bidang pekerjaan.
Selain itu, kata Muhaimin mereka pun harus memilki softskills berupa kemampuan berkomunikasi baik lisan, tulisan, maupun gambar (oral and written communication), kemampuan bekerja secara mandiri dan di dalam tim (ability to work independently and in team setting), kemampuan berlogika (logical skills), dan kemampuan menganalisis (analytical skills).
“Apabila tidak disiapkan dengan baik sedini mungkin, , para tenaga kerja local di Indonesia akan kalah bersaing dengan negara Asean lainnya dan malah menambah adanya pengangguran baru,” kata Muhaimin.(harianmetromanado)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada September 2, 2013 in Politik dan Dinamika Sulut

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: